banner 728x250
Berita  

YLC PERADI Bandung Sebagai Wahana Menuju Single Bar

banner 120x600
banner 468x60

BANDUNG,- Bertempat di Dago Boutique Villa, Bandung pada Kamis 22 Juni 2023, PERADI Young Lawyers Committee Bandung menyelenggarakan, acara Pra Rapat Kerja Pengurus 2023 dan Sosialisasi.

YLC PERADI Bandung sebagai Wahana Menuju Single Bar” yang diketuai oleh Michael Fritz Januard, S.H. dan Sekertaris Randy Raynaldo, S.H.

banner 325x300

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang PERADI Bandung, DR. Roely Panggabean, S.H., M.H., Ketua Young Lawyers Committee PERADI DPC Bandung,

Albert Hendriko Panggabean, S.H., C.LI., Ketua Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Bandung, Jutek Bongso, S.H., M.H., Ketua Bikers advocate Indonesia Chapter Bandung Raya, Romi Sihombing, S.H., M.H.

Ketua Umum Lawyers Sosial Indonesia (LYSOI), Polymer Sirait, S.H., M.H., Ketua Dewan Pakar IKADIN, Willard Malau, Ketua Srikandi DPC PERADI Bandung,

Ratna Rajagukguk, Ketua Garda DPC PERADI Bandung, Jannes Sagala, Ketua PBH DPC PERADI Bandung, Revangga, dan Ketua POSBAKUM IKADIN Bandung, Hamzah Ahmad, S.H., M.H.

Mengapresi Advokat Muda Yang Telah Sukarela Bergabung

Dalam sambutannya, Michael Fritz Januard mengucapkan apresiasi atas hadirnya para pengurus beserta para anggota YLC PERADI Bandung, yang berisikan para advokat muda dan calon advokat.

Ia mengapresiasi advokat muda yang telah sukarela bergabung dan bersedia berperan aktif dalam organisasi YLC PERADI Bandung sebagai Wahana Menuju Single Bar.

“Sebagai advokat muda, kita harus mempunyai pendirian dan kita harus bersama-sama meneruskan cita-cita PERADI terdahulu untuk menjunjung Single Bar sebagaimana maksud organisasi pendiri

Michael Fritz Januard menyebut YLC PERADI Bandung sebagai wadah advokat muda dalam berkarya, jangan sampai dipengaruhi unsur yang dapat memecah belah para advokat.

YLC PERADI Bandung ini harus menjadi wadah yang mampu menampung aspirasi dan menjadi wadah silaturahmi para advokat muda.

Selain itu, Michael Fritz Januard juga memperkenalkan para pengurus YLC PERADI Bandung dan menceritakan secara ringkas sejarah dan tujuan organisasi pendiri, dalam mendirikan PERADI.

Lebih lanjut, Albert Hendriko Panggabean mengatakan bahwa PERADI YLC sebagai jembatan untuk meminimalisir jarak antara advokat senior dan junior. Bahwa selain itu,

wadah ini sebagai sarana para advokat muda untuk mengasah diri sehingga nantinya menjadi advokat yang lebih baik. Bahwa, Albert Hendriko Panggabean menambahkan “PERADI Young Lawyers Committee Bandung

sebagai perwujudan bahwa kaderisasi di tubuh DPC PERADI Bandung sedang berjalan dan on the track.Kedepannya PERADI YLC Bandung siap untuk menjembatani advokat Muda dalam berkarya.

Offium Nobile Merupakan Bagian Dari Penegakan Hukum

Dr. Roely Panggabean menambahkan pula “Advokat muda sebagai perwujudan dari frasa officium nobileyang merupakan bagian dari penegak hukum memiliki tanggung jawab moral dan sosial untuk melakukan pengabdian maupun pembelaan hak terhadap masyarakat pencari keadilan”.

Menurutnya, perwujudan officium nobile itu harus mempunyai standar terbaik, jika single bar tidak diwujudkan dengan baik bahkan sampai menjadi multi bar

para advokat bisa mempunyai kriteria buruk dan tidak mempunyai pengawas dengan standar yang sama, tentunya hal tersebut dapat mencoreng nama baik advokat sebagai pengemban profesi officium nobile.

Dr. Roely Panggabean menuturkan pula pengalamannya sebagai advokat selama 40 tahun, serta sebagai salah satu pendukung organisasi pendiri dalam mendirikan PERADI

sebagai wadah single bar yang dituangkan dalam Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat, serta mengenai permasalahan dan upaya PERADI dalam mempertahankan Single Bar sampai masa kini.

“Advokat itu harus mengemban tugas, tanggung jawab, berintegritas, serta menjunjung tinggi kode etik profesi kepada sesama rekan sejawat dan masyarakat,” paparnya.

loyal terhadap single bar yang merupakan konsep ideal dari suatu organisasi profesi advokat. Advokat muda jangan mau terombang-ambing dalam politik para senior, pemerintah, maupun pihak lainnya,

apalagi sampai bersedia terpecah belah dan tidak loyal terhadap single bar. Dr. Roely Panggabean menyambut megah atas acara Pra Rapat Kerja Pengurus 2023 dan Sosialisasi “YLC PERADI Bandung sebagai Wahana Menuju Single Bar” yang diselenggarakan oleh YLC PERADI Bandung ini.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang IKADIN Bandung, Jutek Bongso, mendukung pula apa yang telah diucapkan oleh Dr. Roely Panggabean selaku Ketua Dewan Pimpinan Cabang PERADI Bandung. Menurutnya, sudah sepantasnya para advokat, terutama advokat muda, untuk tidak mudah terbawa dengan isu-isu dan unsur yang dapat memecah belah PERADI.

Jutek Bongso menuturkan pula “kami (IKADIN) mendukung penuh single bar dalam PERADI dan dalam hal ini YLC PERADI Bandung sebagai wahana kaderisasi menuju single bar”. Sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang IKADIN Bandung, Ia juga menuturkan akan selalu mendukung program-program PERADI untuk menjunjung single bar sebagaimana hal yang dicita-citakan IKADIN sebagai salah satu organisasi pendiri PERADI.

Bahwa IKADIN merupakan salah satu dari delapan organisasi pendiri Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) dibawah kepemimpinan Prof. Oto Hasibuan, S.H., M.M. yang mendukung PERADI secara konsisten untuk menjadi wadah tunggal organisasi advokat di Indonesia.

Tentunya acara Pra Rapat Kerja Pengurus 2023 dan Sosialisasi “YLC PERADI Bandung sebagai Wahana Menuju Single Bar” disambut gembira pula oleh Bikers Advocate Indonesia Chapter Bandung Raya, Lawyers Sosial Indonesia (LYSOI), POSBAKUM IKADIN, serta unit kerja Dewan Pimpinan Cabang PERADI Bandung, seperti Srikandi DPC PERADI Bandung, Garda DPC PERADI Bandung, dan PBH PERADI Bandung.(rls)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *