Detik-detik Terbakarnya Gereja Notre Dame Paris, Hingga Situasi Terkini

Diposting pada

Detik-detik Terbakarnya Gereja Notre Dame Paris, Hingga Situasi Terkini



Beritaterheboh.com – Gereja Katedral Notre Dame terbakar pada Senin (15/4) sore waktu setempat. 400 pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang melalap gereja dengan bangunan kuno itu.


Begini detik-detik terbakarnya Gereja Notre Dame:


Sekitar pukul 18.50 waktu setempat




Api mulai melanda atap Gereja Katedral.


Baca juga: 400 Petugas Damkar Dikerahkan untuk Padamkan Api di Gereja Notre Dame Paris


Sekitar pukul 19.07 waktu setempat


Api dan asap terlihat dari jauh berkobar di Gereja Notre Dame.


19.40 waktu setempat


Api menyebar ke puncak menara Gereja Notre Dame. Presiden Prancis, Emmanuel Macron membatalkan agenda pidatonya di televisi yang dijadwalkan pada Senin malam.


19.53 waktu setempat


Puncak menara Gereja Notre Dame runtuh.


19.59 waktu setempat


Presiden Macron langsung menuju ke lokasi kebakaran.


Baca juga: Terbakar, Atap Gereja Katedral Notre Dame Runtuh


20.07 waktu setempat


Atap Gereja Notre Dame runtuh.


20.25 waktu setempat


Ile de la Cité, Paris, pulau di mana Notre Dame berdiri dievakuasi oleh polisi. Saat ini pemadam kebakaran masih terus memadamkan api di Gereja Notre Dame.




Gereja Notre Dam de Paris Dikunjungi 15 Juta Wisman Per Tahun

Kobaran api raksasa menyapu menara Gereja Katedral Notre-Dame di pusat kota Paris pada Senin (15/4) sore waktu setempat. Puncak menara runtuh dan menimbulkan kekhawatiran bagi para wisatawan, penikmat seni, hingga pemerhati cagar budaya.

Gereja Notre-Dame merupakan arsitektur bersejarah di pusat kota mode. Sebagai situs warisan dunia UNESCO, Dia menjadi magnet para wisatawan dari berbagai belahan dunia. 13 juta wisatawan asing mampir untuk mengabadikan momen, berswafoto, hingga mempelajari arsitektur.

UNESCO sudah menyatakan akan mengawal proses rehabilitasi Notre-Dam pascakebakaran. “Kami berdiri di samping Prancis untuk pemulihan bangunan ini,” kata Audrey Azoulay, sekretaris jendral UNESCO melalui akun twitternya, dikutip AFP.

Gereja ini dibangun antara tahun 1163 dan 1345. Pada bagian menara, mengadopsi unsur bangunan gothic, baru saja menjalani renovasi 11 juta euro ($12,4 juta) yang dibiayai oleh negara Prancis. Renovansi berkaitan dengan kerusakan yang diakibatkan oleh waktu, polusi, dan cuaca.

Kanselir Jerman Angela Merkel menyebut katedral Notre-Dame sebagai “simbol budaya Eropa”. Dia turut berduka cita atas kejadian tersebut.

Seorang juru bicara katedral mengatakan bahwa struktur kayu yang mendukung atap hancur oleh kobaran api. “Semuanya terbakar,” kata juru bicara Notre Dame, Andre Finot, kepada AFP.

Hingga saat ini penyebab kobaran api itu belum dapat diketahui. Namun kuat dugaan, api berkaitan dengan proses restorasi yang intens untuk membantu mahakarya gothic berusia 850 tahun itu tampil lebih baik dalam menghadapi ujian waktu.

Wakil walikota Paris Emmanuel Gregoire mengatakan kepada BFM TV bahwa menara itu ‘runtuh ke dalam’.

“Para pekerja sedang berjuang untuk menyelamatkan semua karya seni yang bisa diselamatkan di dalam sana,” ujar dia.

Presiden Emmanuel Macron langsung menuju ke lokasi kejadian. Dalam sebuah tweet ia mengungkapkan bahwa apa yang terjadi menguras “emosi seluruh bangsa”. Tak hanya umat Katolik, seluruh warga Prancis akan merasa terpukul.

“Saya sedih melihat sebagian dari kita terbakar malam ini,” katanya.

Videonya cek disini


Kondisi Terkini

Sumber :Berita Heboh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *