5 Tips Agar Liburan Tetap Asyik Bagi Penderita Radang Usus

Diposting pada

5 Tips Agar Liburan Tetap Asyik Bagi Penderita Radang Usus

Penyakit radang usus ditandai dengan gejala umum berupa sakit perut, kram, kembung, diare, hingga munculnya darah pada tinja. Gejala ini bisa muncul sewaktu-waktu, bahkan mungkin di tengah masa berlibur Anda. Inilah mengapa momen berlibur seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi penderita radang usus.

Meski begitu, bukan berarti Anda tak lagi bisa menikmati waktu liburan sekalipun memiliki kondisi ini. Berikut adalah tips liburan bagi penderita radang usus agar gejalanya tak lagi mengganggu.

Tips liburan yang dapat dilakukan oleh penderita radang usus

Gejala radang usus dapat diperparah oleh perubahan iklim, stres, serta makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Karenanya, penderita radang usus disarankan untuk mencermati hal berikut sebelum bepergian.

1. Membawa dokumen medis

Dokumen medis Anda berisikan informasi penting mengenai penyakit Anda dan obat-obatan yang Anda konsumsi. Sedapat mungkin, berikut adalah dokumen medis yang perlu Anda bawa sebelum bepergian:

  • Surat rekomendasi dari dokter bahwa Anda boleh bepergian.
  • Ringkasan yang menyatakan kondisi medis Anda; termasuk riwayat penyakit, alergi, serta rencana penanganan bila penyakit Anda kambuh saat bepergian. Bila Anda bepergian ke luar negeri, ada baiknya Anda turut membawa dokumen ini dalam bahasa Inggris atau bahasa pengantar dari negara yang dikunjungi.
  • Daftar obat-obatan yang dikonsumsi, berikut nama generiknya.
  • Kontak darurat berisi nomor anggota keluarga, rekan, atau dokter pribadi Anda (dengan persetujuan orang yang bersangkutan).
  • Daftar hal terkait pantangan makan.

2. Membawa obat-obatan yang diperlukan

Bawalah obat-obatan dengan jumlah yang disesuaikan dengan lamanya Anda bepergian. Simpanlah obat-obatan ini dalam kemasan aslinya, atau masukkan dalam kotak obat pribadi yang dapat dibawa ke mana-mana bila Anda hendak meninggalkan tempat menginap. Untuk berjaga-jaga, Anda juga dapat membawa salinan resep obat dari dokter.

3. Menjaga kebersihan makanan dan air minum

Penderita radang usus lebih rentan mengalami diare. Karena itu, kebersihan makanan dan air minum Anda harus menjadi prioritas. Mengacu pada laman Crohn’s & Colitis Foundation, berikut adalah berbagai tips yang dapat Anda lakukan:

  • jangan mengonsumsi air yang belum matang
  • usahakan untuk tidak menelan air saat mandi atau berenang
  • minumlah air dalam kemasan, begitupun saat Anda menyikat gigi
  • hindari mengonsumsi makanan yang dijual di pinggir jalan
  • jangan mengonsumsi makanan yang sudah berada pada suhu ruang
  • persiapkan makanan Anda sendiri, termasuk saat mengupas buah

4. Mengingat lokasi toilet terdekat

Sebagian besar penderita radang usus akan lebih sering menggunakan toilet. Jadi, Anda perlu mengingat dan menghapalkan lokasi toilet terdekat untuk mengantisipasi sakit perut yang muncul tiba-tiba. Jika memungkinkan, bawalah sendiri perlengkapan toilet yang terdiri dari tisu kering, tisu basah, pakaian dalam, ataupun benda lainnya untuk mempermudah Anda saat menggunakan toilet.

5. Menyesuaikan pola makan

Guna meminimalisasi keluhan pada perut selama liburan, Anda juga perlu menyesuaikan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Berikut adalah saran yang dapat Anda terapkan:

  • makan dengan porsi lebih kecil setiap 3-4 jam sekali
  • membatasi konsumsi makanan yang dapat memicu gejala radang usus, misalnya makanan tinggi serat, hidangan yang digoreng, susu, dan makanan pedas
  • menghindari konsumsi alkohol
  • mengetahui komposisi makanan dan minuman yang Anda konsumsi

Beragam tips di atas mungkin tidak serta-merta menghilangkan kemungkinan timbulnya gejala penyakit saat Anda berlibur. Namun, hal ini akan membantu penderita radang usus agar lebih terbiasa dalam mempersiapkan rencana bepergian. Jadi, Anda tak perlu cemas lagi. Penyakit radang usus bukan lagi halangan bagi Anda untuk menikmati waktu liburan yang berharga.

Selamat berlibur!

Baca Juga:

Sumber : Hello Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *